CONTOH RPP PRAKARYA PENGOLAHAN



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah
: SMP
Mata pelajaran
: Prakarya (Pengolahan)
Kelas/Semester
: IX/1
Alokasi Waktu
: 8 JP ( 4 x Pertemuan )

A.    Kompetensi Inti
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya Kompetensi Dasar
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.      Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.      Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B.     Kompetensi Dasar
1.1.     Menghayati keberagaman produk pengolahan di daerah setempat dan nusantara sebagai anugerahTuhan
2.1.  Menunjukkan rasa ingin tahu, sikap santun, memiliki motivasi internal dan peduli lingkungan dalam menggali informasi tentang keberagaman produk pengolahan daerah setempat sebagai wujud cinta tanah air dan bangga pada produk Indonesia

2.2.  Menghayati perilaku jujur, percaya diri, dan mandiri dalam merancang pembuatan produk pengolahan
2.3.  Menunjukkan kemauan bekerjasama, gotong royong, bertoleransi, disiplin dan bertanggung jawab dalam penggunaan alat dan bahan, serta teliti dan rapi saat pembuatan produk pengolahan yang memiliki estetika produk akhir
3.1.     Memahami rancangan pembuatan, penyajian dan pengemasan olahan pangan dari bahan ikan dan daging putih atau merah menjadi makanan berdasarkan konsep dan prosedur berkarya sesuai wilayah setempat.
4.1.     Membuat olahan pangan dari bahan ikan dan daging putih atau merah menjadi makanan sesuai rancangan dan bahan yang ada di wilayah setempat

C.     Indikator Pencapaian Kompetensi
KI
Indikator Pencapaian Kompetensi
1
Spiritual:
·      Berdoa sebelum dan sesudah menjalankan sesuatu.
·      Memberi salam pada saat awal dan akhir presentasi sesuai agama yang dianut.
·      Mengucapkan syukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu.
·      Menunjukkan sikap menjaga hubungan baik dengan sesama umat ciptaan Tuhan Yang Maha Esa

2
Santun:
·      Tidak menyela pembicaraan pada waktu yang tidak tepat
·      Mengucapkan terima kasih setelah menerima bantuan orang lain
·      Tidak berkata-kata kotor/kasar


Jujur:
·      Tidak menyontek dalam mengerjakan ujian/ulangan
·      Menyerahkan kepada yang berwenang barang yang ditemukan
·      Tidak menjadi plagiat

Percaya Diri:
·      Tidak mudah putus asa
·      Berani presentasi di depan kelas
·      Berani berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan

Toleransi:
·         Memperhatikan teman yang sedang presentasi di depan kelas
·         Mau memaafkan kesalahan orang lain
·         Bersedia melaksanakan tugas kelompok dengan siapapun

Gotong royong
·         Aktif dalam kerja kelompok
·         Membantu teman yang sedang membutuhkan bantuan
·         Aktif mengikuti kegiatan membersihkan kelas

Disiplin:
·         Mengikuti pelajaran tepat waktu
·         Mematuhi peraturan yang berlaku
·         Mengerjakan tugas sesuai ketentuan

Tanggung Jawab:
·         Melaksanakan tugas individu dengan kemampuan yang dimiliki
·         Menggunakan dan mengembalikan barang yang dipinjam dengan baik
·         Tidak menyalahkan orang lain atas kesalahan sendiri
3
Pertemuan 1
3.1.1   Menjelaskan pengertian ikan
3.1.2.  Menjelaskan pengertian daging
3.1.3.  Menyebutkan jenis-jenis ikan berdasar ekologinya
3.1.4.   Menyebutkan jenis-jenis daging
3.1.5.   Menyebutkan manfaat ikan
3.1.6.  Menyebutkan manfaat daging
3.1.7   Menyebutkan metode pengolahan ikan dan daging
3.1.8   Menjelaskan metode pengolahan ikan dan daging
3.1.9    Menentukan metode yang digunakan untuk membuat produk olahan ikan dan daging
Pertemuan 2
3.1.10 Menentukan tahapan pengolahan ikan dan daging
3.1.11 Menjelaskan pengertian penyajian pengolahan ikan dan daging
3.1.12 Menjelaskan pengertian pengemasan pengolahan ikan dan daging
3.1.13 Menyebutkan tujuan penyajian pengolahan ikan dan daging
3.1.14 Menyebutkan tujuan pengemasan pengolahan ikan dan daging
3.1.15 Menyebutkan factor-faktor dalam penyajian dan pengemasan pengolahan ikan dan daging
3.1.16 Menyebutkan prosedur penyajian dan pegemasan pengolahan ikan dan daging
4
4.1.1   Membuat rancangan tahapan olahan ikan dan daging
4.1.2   Membuat olahan ikan dan daging sesuai dengan rancangan

4.1.3   Membuat sajian olahan ikan dan daging sesuai dengan rancangan
4.1.4.  Membuat kemasan olahan ikan dan daging sesuai dengan rancangan
4.1.5. Membuat laporan dari hasil pembuatan olahan ikan dan daging

D.    Materi Pembelajaran
1.      Pengertian ikan (BS. Hal. 182)
Ikan adalah anggota vertebrata poikilotermik (berdarah dingin ) yang hidup di air dan bernafas dengan menggunakan insang. Ikan dapat ditemukan di berbagai ekosistem ada air tawar, payau dan laut. Berbagai spesies ikan sudah dapat dibudidayakan sehingga masyarakat dapat dengan mudah mendapatkan ikan
2.      Pengertian daging (BS. Hal. 182)
Daging sebagai bahan olahan pangan ialah bagian lunak ditubuh hewan yang terbungkus kulit dan melekat pada tulang yang menjadi bahan olahan pangan. Sebagai sumber olahan pangan berdasarkan warna dasar bahan pangan daging dapat dibagi menjadi 2 yaitu daging berwarna putih dan daging berwarna merah. Daging berwarna putih biasanya lebih cenderung berasal dari unggas contohnya ayam. Sedangkan daging berwarna merah berasal dari hewan berkaki empat seperti sapi, kerbau, kambing.

3.      Jenis-jenis ikan berdasar ekologinya (BS. Hal. 182-186)
Pnya Ikan yang banyak hidup di Indonesia berdasarkan ekologinya terbagi menjadi 3 yaitu perairan tawar, perairan payau dan perairan laut.
a.    Ikan perairan tawar
Ikan perairan tawar adalah ikan yang menghabiskan sebagian atau seluruh hidupnya di air tawar, seperti sungai dan danau. Jenis.jenis ikan air tawar sebagai bahan pangan adalah : ikan lele, emas, gurameh dsb
                                                
b.      Ikan perairan payau
Ikan perairan payau adalah ikan yang hidupnya diperairan payau. Perairan payau merupakan pencampuran antara perairan tawar dan perairan laut seperti muara. Ikan yang hidup diperairan payau antara lain ; bandeng, kakap,
Ikan kakap merupakan ikan yang banyak digunakan dalam pembuatan olahan ikan frozen food seperti otak-otak, siomay, kaki naga, dan nugget
c.       Ikan peraiaran laut
Ikan perairan laut adalah ikan yang hidup diperairan laut . Jenis-jenis ikan laut yang sering dikonsumsi adalah ikan tuna, ikan tengiri, ikan kembung dll.
4.      Jenis-jenis daging (BS. Hal. 187-180)
Daging yang berasal dari unggas dan hewan berkaki 4 dapat ditemukan disetiap bagian tubuhnya. Daging tersebut dapat diolah dan dikonsumsi oleh manusia sebagai makanan yang mengandung protein hewani. Dibawah in akan dijelaskan beberapa jenis daging yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat antara lain : daging ayam kampung, ayam broiler, daging sapi, daging kambing, daging kerbau, daging babi

5.      Manfaat ikan (BS. Hal. 191-192)
Ikan dan daging adalah sumber penghasil protein hewani. Protein adalah zat yang penting bagi tubuh. Fungsi protein antara lain  seperti berikut :
1.      sebagai zat pembangun
2.      cadangan makanan dan sumber energi
3.      sintesis anti body, hormon, dan enzim
4.      pengatur keseimbangan kadar asam dan basa didalam sel
5.      pembentukan dan perbaikan sel serta jaringan terutama pada anak-anak yang berada pada masa pertumbuhan
                                           Manfaat ikan :
                                   Kandungan gizi ikan kaya akan manfaat bagi tubuh karena merupakan sumber protein bagi tubuh. Kandungan gizi yang terdapat pada ikan segar dan manfaatnya antara lain seperti berikut :
1.      Omega 3, untuk proses perkembangan otak pada janin dan penting untuk perkembangan fungsi syaraf dan penglihatan bayi
2.      Mengandung serat protein yang pendek sehingga mudah dicerna
3.      Kaya akan asam amino seperti taurin untuk merangsang pertumbuhan sel otak balita
4.      Vitamin A dalam minyak hati ikan untuk mencegah kebutaan anak
5.      Vitamin D pada daging dan minyak hati ikan untuk pertumbuhan dan kekuatan tulang
6.      dll

6.      Manfaat daging (BS. Hal. 192-193)
1.        Kaya vitamin B dan mineral sehingga sangat diperlukan untuk kesehatan sistem syaraf dan pertumbuhan
2.        Kandungan 9 asam amino esnsial yang etrdapat didalamnya berperan untuk perkembangan dan memperbaiki seluruh sel tubuh kita yang rusak atau aus
3.        Zat besi haeme yang terkandung didalamnya lebih mudah dicerna dibendingkan dengan zat besi yang terdapat dalam protein nabati. Zat ini menghindarkan tubuh dari penyakit animea
4.        Daging kaya akan vitamin B dab D. Anggota keluarga vitamin B yang benyak terdapat didalam daging adalah B2 (ribloflavin) B3 (diasin) B6 (piridoksin) dan B12 (kobalamin)
5.        dst
7.        Metode pengolahan ikan dan daging (BS. Hal. 194-197)
Metode pengolahan ikan dan daging adalah :
1.        Merebus (boiling)
2.        Mengukus (steaming)
3.        Mengoreng (frying)
4.        Membakar (grilling)
5.        Memanggang (Baking)
8.        Menjelaskan metode pengolahan ikan dan daging (BS. Hal. 194-197)
1.        Merebus
Melunakan atau mematangkan bahan makanan dalam cairan (air, kaldu, santan atau susu) dengan temperatur 100 C
2.        Mengukus
memasak bahan makanan dengan uap panas dari rebusan air yang ada dibawahnya dan bahan makanan tidak menyentuh air yang menghasilkan uap tersebut.
3.        Menggoreng
Metode memasak dengan cara mesukan bahan makanan kedalam minyak panas
4.        Membakar
metode memasak bahan makanan dengan cara dibakar langsung diatas bara api
5.        Memanggang
Metode memasak bahan makanan dengan menggunakan udara yang dipanaskan sehingga bahan yang dimasak mendapatkan panas yang stabil dari segala arah

9.  Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama : (2 JP)
Langkah
Pembelajaran
Sintak Model
Pembelajaran
Deskripsi
Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan

a.       Guru mengucapkan salam.
b.      Berdoa.
c.       Guru mengecek kehadiran peserta didik.
d.      Guru memotivasi peserta didik secara fisik dan mental dalam menyiapkan peserta didik untuk mengikuti pembelajaran, misalnya: melalui media chart/gambar-gambar/produk olahan pangan ikan dan daging misalnya: abon lele dengan tujuan untuk memusatkan perhatian peserta didik pada materi pengolahan pangan ikan dan daging
e.    Guru mengajukan beberapa pertanyaan terkait dengan contoh-contoh hasil olahan pangan dari bahan pangan ikan dan daging dalam chart/gambar/produk olahan pangan ikan dan daging misalnya:“Anak-anak, perhatikan olahan pangan  ini! Olahan pangan apakah ini? Anak-anak, hari ini kita akan belajar tentang olahan pangan dari bahan pangan ikan dan daging ”dsb.
f.       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
g.      Guru menyampaikan cakupan materi pembelajaran untuk pertemuan pertama tentang : pengertian, jenis, manfaat dan kandungan gizi pada ikan dan daging, teknik pengolahan, penyajian dan kemasan  olahan pangan ikan dan daging
10’
Kegiatan Inti
Stimulus terhadap peserta didik

















Identifikasi  masalah
















Pengumpulan data












Pembuktian













Menarik kesimpulan/generalisasi
-     Mengamati
·         Peserta didik dipandu oleh guru dalam kelompok, mengamati beberapa contoh ikan dan daging lewat tayangan video, LCD, gambar atau dari buku siswa
 

 

    

-     Menanya
· Peserta didik dipandu oleh guru merumuskan  pertanyaan, misalnya:
a). “Seperti yang terlihat pada gambar ikan yang mana yang dapat diolah menjadi olahan pangan?”
b). “Bagaimana  cara membuatnya?”
· Peserta didik mengemukakan hipotesis misalnya: Banyak jenis ikan dan daging bisa dibuat/diolah menjadi olahan pangan dengan cara dihaluskan   diulek. Untuk membuktikan hipotesis tersebut maka peserta didik melakukan kegiatan mengumpulkan data atau informasi.
-     Mengumpulkan informasi/mencoba
· Peserta didik berkelompok, mengisi lembar kerja (tabel) yang telah disiapkan oleh guru dengan membaca buku siswa, buku referensi yang disiapkan oleh guru ataupun ditemukan oleh siswa dan handout materi ajar  untuk mendapatkan data/informasi untuk menjawab pertanyaan,diantaranya: pengertian, jenis, manfaat dan kandungan gizi bahan pangan, tahapan pembuatan, penyajian dan kemasan  olahan pangan ikan dan daging.
-     Menalar/mengasosiasi
· Peserta didik  dengan bimbingan guru menganalisis data yang dikumpulkan sendiri atau data yang diberikan oleh guru untuk menjawab pertanyaan yang telah dirumuskan. Sebagai contoh, peserta didik menyimpulkan bahwa banyak jenis ikan dan daging yang dapat dibuat menjadi olahan pangan yang mempunyai manfaat bagi tubuh karena kandungan gizi dan protein.

-     Mengomunikasikan
· Peserta didik secara berkelompok mempresentasikan hasil diskusi yang dipandu oleh guru

60’
Kegiatan Penutup

a.    Peserta didik dibimbing guru merefleksi seluruh aktivitas pembelajaran yang dilakukan dan menyimpulkan konsep yang telah dibuat oleh peserta didik berkaitan dengan olahan pangan dari bahan ikan dan daging
b.   Peserta didik dengan bimbingan guru merefleksi sikap spiritual dan sosial yang dapat terbentuk pada diri peserta didik melalui aktivitas pembelajaran, misalnya: sikap bersyukur kepada Tuhan dengan menjaga kelestarian olahan pangan ikan dan daging di daerah setempat serta rasa ingin tahu dan santun dalam menggali informasi tentang produk olahan pangan ikan dan daging.
c.    Guru melakukan refleksi dengan memberikan pertanyaan lisan berkaitan dengan materi pembelajaran, misalnya:”Anak-anak, kalian telah belajar tentang Pengolahan ikan dan daging ? Coba jelaskan apa yang dimaksud dengan ikan dan daging lalu apa manfaatnya bagi tubuh kita?”, dsb.
d.   Peserta didik menerima tugas dari guru untuk melakukan observasi dan wawancara pada penjual yang membuat sendiri olahan pangan ikan dan daging
e.    Kegiatan penutup diakhiri dengan guru memberikan informasi kepada peserta didik tentang materi/kompetensi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya yaitu membuat rancangan olahan pangan ikan dan daging
10’

E.     Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1.      Teknik penilaian
-          Penilaian Sikap à Observasi, Penilaian Diri, Penilaian Antar Teman, Jurnal
-          Penilaian Pengetahuan à Tes Tertulis, Observasi
-          Penilaian Keterampilan à Proyek
2.      Instrumen penilaian
a.       Pertemuan Pertama
-          Observasi Penilaian Sikap
Instrumen: Lembar Observasi Penilaian Sikap
No
Nama
Indikator
MODUS
Sikap
Spiritual
Sikap Sosial
Santun
Jujur                       
Percaya Diri
Toleransi
Gotong royong
Disiplin
Tanggung Jawab
1
2
3
4
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
Ani





















































Rubrik: Observasi Penilaian Sikap
Keterangan
Sikap Spiritual
1
Berdoa sebelum dan sesudah menjalankan sesuatu.
2
Memberi salam pada saat awal dan akhir presentasi sesuai agama yang dianut.
3
Mengucapkan syukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu.
4
Menunjukkan sikap menjaga hubungan baik dengan sesama umat ciptaan Tuhan Yang Maha Esa
Santun
1
Tidak menyela pembicaraan pada waktu yang tidak tepat
2
Mengucapkan terima kasih setelah menerima bantuan orang lain
3
Tidak berkata-kata kotor/kasar
Jujur
1
Tidak menyontek dalam mengerjakan ujian/ulangan
2
Menyerahkan kepada yang berwenang barang yang ditemukan
3
Tidak menjadi plagiat
Percaya Diri
1
Tidak mudah putus asa
2
Berani presentasi di depan kelas
3
Berani berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan
Toleransi
1
Memperhatikan teman yang sedang presentasi di depan kelas
2
Mau memaafkan kesalahan orang lain
3
Bersedia melaksanakan tugas kelompok dengan siapapun
Gotong-royong
1
Aktif dalam kerja kelompok
2
Membantu teman yang sedang membutuhkan bantuan
3
Aktif mengikuti kegiatan membersihkan kelas
Disiplin
1
Mengikuti pelajaran tepat waktu
2
Mematuhi peraturan yang berlaku
3
Mengerjakan tugas sesuai ketentuan
Tanggung Jawab
1
Melaksanakan tugas individu dengan kemampuan yang dimiliki
2
Menggunakan dan mengembalikan barang yang dipinjam dengan baik
3
Tidak menyalahkan orang lain atas kesalahan sendiri

Skor
Kriteria
Indikator
SB
Sangat Baik
Selalu menunjukkan
B
Baik
Sering menunjukkan
C
Cukup
Kadang-kadang menunjukkan
K
Kurang
Tidak pernah menunjukkan

 b.  Pertemuan Kedua
Belum
 c.  Pertemuan seterusnya
Belum

3.      Pembelajaran Remedial dan Pengayaan  
Remidial
Peserta didik diberikan tugas untuk membuat main map dari materi Pengolahan Ikan dan Daging

Pengayaan
Peserta didik diberikan tugas membuat artikel tentang inovasi produk makanan dari daging dan ikan

4.      Kunci dan Pedoman Penskoran
Terlampir dalam instrumen penilaian

F.      Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1.    Media/Alat
-          Video, File Presentasi, Gambar
-          LCD Proyektor
-          Laptop
-          Speaker
2.    Bahan
-          Lembar Kegiatan

3.    Sumber Belajar
-          Internet
-          Buku Siswa (Halaman 179 – 251)
-          Video (Sumber: www.youtube.com) :
Motivasi dan Inspirasi Indonesia Yang Mengharukan
Aneka Kuliner Ikan Nusantara
Ragam Indonesia - Aneka Kuliner Sate
-          Gambar Pengolahan Ikan dan Daging (Buku Siswa dan Serching di www.google.com)

Posting Komentar

0 Komentar