RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah
|
: SMP
|
Mata pelajaran
|
: Prakarya (Pengolahan)
|
Kelas/Semester
|
: IX/1
|
Alokasi Waktu
|
: 8 JP ( 4 x Pertemuan )
|
A.
Kompetensi
Inti
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya Kompetensi Dasar
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya
3.
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B.
Kompetensi
Dasar
1.1. Menghayati keberagaman produk pengolahan di daerah setempat dan nusantara
sebagai anugerahTuhan
2.1. Menunjukkan rasa ingin tahu, sikap santun, memiliki motivasi internal dan
peduli lingkungan dalam menggali informasi tentang keberagaman produk
pengolahan daerah setempat sebagai wujud cinta tanah air dan bangga pada produk Indonesia
2.2.
Menghayati perilaku jujur, percaya diri, dan
mandiri dalam merancang pembuatan produk pengolahan
2.3.
Menunjukkan kemauan bekerjasama, gotong royong, bertoleransi, disiplin dan bertanggung
jawab dalam penggunaan alat dan bahan, serta teliti dan rapi saat pembuatan
produk pengolahan yang memiliki estetika produk akhir
3.1. Memahami rancangan
pembuatan, penyajian dan pengemasan olahan pangan dari bahan ikan dan daging
putih atau merah menjadi makanan berdasarkan konsep dan prosedur berkarya
sesuai wilayah setempat.
4.1. Membuat olahan
pangan dari bahan ikan dan daging putih atau merah menjadi makanan sesuai
rancangan dan bahan yang ada di wilayah setempat
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
KI
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
1
|
Spiritual:
· Berdoa
sebelum dan sesudah menjalankan sesuatu.
· Memberi
salam pada saat awal dan akhir presentasi sesuai agama yang dianut.
· Mengucapkan
syukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu.
· Menunjukkan
sikap menjaga hubungan baik dengan sesama umat ciptaan Tuhan Yang Maha Esa
|
2
|
Santun:
· Tidak menyela pembicaraan pada waktu yang tidak tepat
· Mengucapkan terima kasih setelah menerima bantuan orang lain
Jujur:
· Tidak menyontek dalam mengerjakan ujian/ulangan
· Menyerahkan kepada yang berwenang barang yang ditemukan
· Tidak menjadi plagiat
Percaya
Diri:
· Tidak mudah putus asa
· Berani presentasi di depan kelas
· Berani berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan
Toleransi:
·
Memperhatikan teman yang sedang
presentasi di depan kelas
·
Mau memaafkan kesalahan orang
lain
·
Bersedia melaksanakan tugas
kelompok dengan siapapun
Gotong royong
·
Aktif dalam kerja kelompok
·
Membantu teman yang sedang
membutuhkan bantuan
·
Aktif mengikuti kegiatan
membersihkan kelas
Disiplin:
·
Mengikuti pelajaran tepat waktu
·
Mematuhi peraturan yang berlaku
·
Mengerjakan tugas sesuai
ketentuan
Tanggung
Jawab:
·
Melaksanakan tugas individu
dengan kemampuan yang dimiliki
·
Menggunakan dan
mengembalikan barang yang dipinjam
dengan baik
·
Tidak menyalahkan orang lain atas
kesalahan sendiri
|
3
|
Pertemuan 1
3.1.1 Menjelaskan pengertian ikan
3.1.2. Menjelaskan pengertian daging
3.1.3. Menyebutkan jenis-jenis ikan berdasar
ekologinya
3.1.4. Menyebutkan jenis-jenis daging
3.1.5. Menyebutkan manfaat ikan
3.1.6. Menyebutkan manfaat daging
3.1.7 Menyebutkan metode pengolahan ikan dan
daging
3.1.8 Menjelaskan metode pengolahan ikan dan
daging
3.1.9 Menentukan metode yang digunakan untuk
membuat produk olahan ikan dan daging
Pertemuan 2
3.1.10 Menentukan tahapan pengolahan
ikan dan daging
3.1.11 Menjelaskan pengertian
penyajian pengolahan ikan dan daging
3.1.12 Menjelaskan pengertian
pengemasan pengolahan ikan dan daging
3.1.13 Menyebutkan tujuan penyajian
pengolahan ikan dan daging
3.1.14 Menyebutkan tujuan pengemasan
pengolahan ikan dan daging
3.1.15 Menyebutkan factor-faktor
dalam penyajian dan pengemasan pengolahan ikan dan daging
3.1.16 Menyebutkan
prosedur penyajian dan pegemasan pengolahan ikan dan daging
|
4
|
4.1.1 Membuat rancangan tahapan olahan ikan dan
daging
4.1.2 Membuat olahan ikan dan daging sesuai
dengan rancangan
4.1.3 Membuat sajian olahan ikan dan daging
sesuai dengan rancangan
4.1.4. Membuat kemasan olahan ikan dan daging
sesuai dengan rancangan
4.1.5. Membuat
laporan dari hasil pembuatan olahan ikan dan daging
|
D.
Materi
Pembelajaran
1.
Pengertian ikan (BS. Hal. 182)
Ikan adalah anggota vertebrata
poikilotermik (berdarah dingin ) yang hidup di air dan bernafas dengan
menggunakan insang. Ikan dapat ditemukan di berbagai ekosistem ada air tawar,
payau dan laut. Berbagai spesies ikan sudah dapat dibudidayakan sehingga
masyarakat dapat dengan mudah mendapatkan ikan
2.
Pengertian daging (BS. Hal. 182)
Daging sebagai bahan olahan pangan
ialah bagian lunak ditubuh hewan yang terbungkus kulit dan melekat pada tulang
yang menjadi bahan olahan pangan. Sebagai sumber olahan pangan berdasarkan
warna dasar bahan pangan daging dapat dibagi menjadi 2 yaitu daging berwarna
putih dan daging berwarna merah. Daging berwarna putih biasanya lebih cenderung
berasal dari unggas contohnya ayam. Sedangkan daging berwarna merah berasal
dari hewan berkaki empat seperti sapi, kerbau, kambing.
3.
Jenis-jenis ikan berdasar ekologinya (BS. Hal. 182-186)
Pnya Ikan yang banyak hidup di
Indonesia berdasarkan ekologinya terbagi menjadi 3 yaitu perairan tawar,
perairan payau dan perairan laut.
a.
Ikan perairan tawar
Ikan perairan tawar adalah ikan yang
menghabiskan sebagian atau seluruh hidupnya di air tawar, seperti sungai dan
danau. Jenis.jenis ikan air tawar sebagai bahan pangan adalah : ikan lele,
emas, gurameh dsb
b.
Ikan perairan payau
Ikan perairan payau adalah ikan yang hidupnya diperairan
payau. Perairan payau merupakan pencampuran antara perairan tawar dan perairan
laut seperti muara. Ikan yang hidup diperairan payau antara lain ; bandeng,
kakap,
Ikan kakap merupakan ikan yang
banyak digunakan dalam pembuatan olahan ikan frozen food seperti otak-otak, siomay,
kaki naga, dan nugget
c.
Ikan peraiaran laut
Ikan perairan laut adalah ikan yang
hidup diperairan laut . Jenis-jenis ikan laut yang sering dikonsumsi adalah
ikan tuna, ikan tengiri, ikan kembung dll.
4.
Jenis-jenis daging (BS. Hal. 187-180)
Daging yang berasal dari unggas dan
hewan berkaki 4 dapat ditemukan disetiap bagian tubuhnya. Daging tersebut dapat
diolah dan dikonsumsi oleh manusia sebagai makanan yang mengandung protein
hewani. Dibawah in akan dijelaskan beberapa jenis daging yang banyak dikonsumsi
oleh masyarakat antara lain : daging ayam kampung, ayam broiler, daging sapi,
daging kambing, daging kerbau, daging babi
5.
Manfaat ikan (BS. Hal. 191-192)
Ikan dan daging adalah sumber
penghasil protein hewani. Protein adalah zat yang penting bagi tubuh. Fungsi
protein antara lain seperti berikut :
1.
sebagai zat pembangun
2.
cadangan makanan dan
sumber energi
3.
sintesis anti body,
hormon, dan enzim
4.
pengatur keseimbangan
kadar asam dan basa didalam sel
5.
pembentukan dan
perbaikan sel serta jaringan terutama pada anak-anak yang berada pada masa
pertumbuhan
Manfaat ikan :
Kandungan gizi ikan kaya akan manfaat bagi tubuh karena
merupakan sumber protein bagi tubuh. Kandungan gizi yang terdapat pada ikan
segar dan manfaatnya antara lain seperti berikut :
1.
Omega 3, untuk proses
perkembangan otak pada janin dan penting untuk perkembangan fungsi syaraf dan
penglihatan bayi
2.
Mengandung serat protein
yang pendek sehingga mudah dicerna
3.
Kaya akan asam amino
seperti taurin untuk merangsang pertumbuhan sel otak balita
4.
Vitamin A dalam minyak
hati ikan untuk mencegah kebutaan anak
5.
Vitamin D pada daging
dan minyak hati ikan untuk pertumbuhan dan kekuatan tulang
6.
dll
6.
Manfaat daging (BS. Hal. 192-193)
1.
Kaya vitamin B dan
mineral sehingga sangat diperlukan untuk kesehatan sistem syaraf dan
pertumbuhan
2.
Kandungan 9 asam amino
esnsial yang etrdapat didalamnya berperan untuk perkembangan dan memperbaiki
seluruh sel tubuh kita yang rusak atau aus
3.
Zat besi haeme yang
terkandung didalamnya lebih mudah dicerna dibendingkan dengan zat besi yang
terdapat dalam protein nabati. Zat ini menghindarkan tubuh dari penyakit animea
4.
Daging kaya akan vitamin
B dab D. Anggota keluarga vitamin B yang benyak terdapat didalam daging adalah
B2 (ribloflavin) B3 (diasin) B6 (piridoksin) dan B12 (kobalamin)
5.
dst
7.
Metode pengolahan ikan dan daging (BS. Hal. 194-197)
Metode pengolahan ikan dan daging
adalah :
1.
Merebus (boiling)
2.
Mengukus (steaming)
3.
Mengoreng (frying)
4.
Membakar (grilling)
5.
Memanggang (Baking)
8.
Menjelaskan metode pengolahan ikan dan daging (BS. Hal.
194-197)
1.
Merebus
Melunakan atau mematangkan bahan
makanan dalam cairan (air, kaldu, santan atau susu) dengan temperatur 100 C
2.
Mengukus
memasak bahan makanan dengan uap
panas dari rebusan air yang ada dibawahnya dan bahan makanan tidak menyentuh
air yang menghasilkan uap tersebut.
3.
Menggoreng
Metode memasak dengan cara mesukan
bahan makanan kedalam minyak panas
4.
Membakar
metode memasak bahan makanan dengan
cara dibakar langsung diatas bara api
5.
Memanggang
Metode memasak bahan makanan dengan
menggunakan udara yang dipanaskan sehingga bahan yang dimasak mendapatkan panas
yang stabil dari segala arah
9.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama : (2 JP)
Langkah
Pembelajaran
|
Sintak Model
Pembelajaran
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
|
|
a. Guru
mengucapkan salam.
b. Berdoa.
c. Guru
mengecek kehadiran peserta didik.
d.
Guru memotivasi peserta didik
secara fisik dan mental dalam menyiapkan peserta didik untuk mengikuti
pembelajaran, misalnya: melalui
media chart/gambar-gambar/produk
olahan pangan ikan dan daging misalnya: abon lele dengan tujuan untuk
memusatkan perhatian peserta didik pada materi pengolahan pangan ikan dan
daging
e. Guru mengajukan beberapa pertanyaan terkait
dengan contoh-contoh hasil olahan pangan dari bahan pangan ikan dan daging
dalam chart/gambar/produk olahan
pangan ikan dan daging misalnya:“Anak-anak, perhatikan olahan pangan ini! Olahan pangan apakah ini? Anak-anak,
hari ini kita akan belajar tentang olahan pangan dari bahan pangan ikan dan
daging ”dsb.
f. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
g. Guru
menyampaikan cakupan materi pembelajaran untuk pertemuan pertama tentang :
pengertian, jenis, manfaat dan kandungan gizi pada ikan dan daging, teknik
pengolahan, penyajian dan kemasan olahan pangan ikan dan daging
|
10’
|
Kegiatan Inti
|
Stimulus terhadap peserta didik
Identifikasi
masalah
Pengumpulan data
Pembuktian
Menarik kesimpulan/generalisasi
|
-
Mengamati
·
Peserta didik dipandu oleh guru
dalam kelompok, mengamati beberapa
contoh ikan dan daging lewat tayangan video, LCD, gambar atau dari buku siswa
-
Menanya
· Peserta
didik dipandu oleh guru merumuskan
pertanyaan, misalnya:
a).
“Seperti yang terlihat pada gambar ikan yang mana yang dapat diolah menjadi
olahan pangan?”
b).
“Bagaimana cara membuatnya?”
· Peserta
didik mengemukakan hipotesis misalnya: Banyak jenis ikan dan daging bisa
dibuat/diolah menjadi olahan pangan dengan cara dihaluskan diulek. Untuk membuktikan hipotesis
tersebut maka peserta didik melakukan kegiatan mengumpulkan data atau
informasi.
-
Mengumpulkan
informasi/mencoba
· Peserta
didik berkelompok, mengisi lembar kerja (tabel) yang telah disiapkan oleh
guru dengan membaca buku siswa, buku referensi yang disiapkan oleh guru
ataupun ditemukan oleh siswa dan handout
materi ajar untuk mendapatkan
data/informasi untuk menjawab pertanyaan,diantaranya: pengertian, jenis,
manfaat dan kandungan gizi bahan pangan, tahapan pembuatan, penyajian dan kemasan olahan pangan ikan dan daging.
-
Menalar/mengasosiasi
· Peserta
didik dengan bimbingan guru
menganalisis data yang dikumpulkan sendiri atau data yang diberikan oleh guru
untuk menjawab pertanyaan yang telah dirumuskan. Sebagai contoh, peserta
didik menyimpulkan bahwa banyak jenis ikan dan daging yang dapat dibuat
menjadi olahan pangan yang mempunyai manfaat bagi tubuh karena kandungan gizi
dan protein.
-
Mengomunikasikan
· Peserta didik secara berkelompok
mempresentasikan hasil diskusi yang dipandu oleh guru
|
60’
|
Kegiatan Penutup
|
|
a.
Peserta didik dibimbing guru
merefleksi seluruh aktivitas pembelajaran yang dilakukan dan menyimpulkan
konsep yang telah dibuat oleh peserta didik berkaitan dengan olahan pangan
dari bahan ikan dan daging
b.
Peserta didik dengan bimbingan
guru merefleksi sikap spiritual dan sosial yang dapat terbentuk pada diri
peserta didik melalui aktivitas pembelajaran, misalnya: sikap bersyukur kepada Tuhan dengan menjaga kelestarian olahan
pangan ikan dan daging di daerah setempat serta rasa ingin tahu dan santun
dalam menggali informasi tentang produk olahan pangan ikan dan daging.
c.
Guru melakukan refleksi dengan
memberikan pertanyaan lisan berkaitan dengan materi pembelajaran,
misalnya:”Anak-anak, kalian telah belajar tentang Pengolahan ikan dan daging
? Coba jelaskan apa yang dimaksud dengan ikan dan daging lalu apa manfaatnya
bagi tubuh kita?”, dsb.
d.
Peserta didik menerima tugas dari
guru untuk melakukan observasi dan wawancara pada penjual yang membuat
sendiri olahan pangan ikan dan daging
e.
Kegiatan penutup diakhiri dengan
guru memberikan informasi kepada peserta didik tentang materi/kompetensi yang
akan dipelajari pada pertemuan berikutnya yaitu membuat rancangan olahan
pangan ikan dan daging
|
10’
|
E.
Penilaian,
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1.
Teknik
penilaian
-
Penilaian Sikap à Observasi, Penilaian
Diri, Penilaian Antar Teman, Jurnal
-
Penilaian Pengetahuan à Tes Tertulis, Observasi
-
Penilaian Keterampilan à Proyek
2.
Instrumen
penilaian
a.
Pertemuan
Pertama
-
Observasi Penilaian Sikap
Instrumen: Lembar Observasi Penilaian Sikap
Rubrik: Observasi Penilaian Sikap
Keterangan
|
b. Pertemuan Kedua
Belum
c. Pertemuan seterusnya
Belum
3.
Pembelajaran
Remedial dan Pengayaan
Remidial
Peserta didik diberikan tugas untuk membuat main map dari
materi Pengolahan Ikan dan Daging
Pengayaan
Peserta didik diberikan tugas membuat artikel tentang inovasi
produk makanan dari daging dan ikan
4. Kunci
dan Pedoman Penskoran
Terlampir dalam instrumen penilaian
F.
Media/alat,
Bahan, dan Sumber Belajar
1.
Media/Alat
-
Video,
File Presentasi, Gambar
-
LCD
Proyektor
-
Laptop
-
Speaker
2.
Bahan
-
Lembar
Kegiatan
3.
Sumber Belajar
-
Internet
-
Buku Siswa (Halaman 179 – 251)
Motivasi dan Inspirasi
Indonesia Yang Mengharukan
Aneka Kuliner Ikan
Nusantara
Ragam Indonesia - Aneka
Kuliner Sate
-
Gambar Pengolahan Ikan dan Daging (Buku Siswa dan
Serching di www.google.com)
0 Komentar